Saturday, January 19, 2013

Resep Sambal Terong Pete


Terong merupakan bahan pangan kaya zat gizi yang bisa menurunkan kolesterol darah, mengandung zat antikanker, sebagai alat kontrasepsi, serta dipercaya meningkatkan libido.

terong (Solanum melongena L.) merupakan tanaman asli daerah tropis yang diduga berasal dari Asia, terutama India dan Birma. Dari kawasan tersebut, terong kemudian disebarkan ke Cina pada abad ke-5. Dari Cina selanjutnya disebarluaskan ke Karibia, Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Barat, Amerika Selatan, dan daerah tropis lainnya.

Selanjutnya terong disebarkan pula ke negara-negara subtropis, seperti Spanyol, dan negara lain di kawasan Eropa. Karena daerah penyebarannya sangat luas, sebutan untuk terong sangat beraneka ragam, yaitu eggplant, gardenegg, aubergine, melongene, eierplant, atau eirefruch.

Bahan untuk membuat Terong sambal pete :
5 buah terong ungu dibelah dua memanjang goreng
1 papan pete @belah dua
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
penyedap rasa(jika suka)secukupnya
1 sdt kecap manis
Minya untuk menumis

Bumbu halus semua direbus:
12 buah cabe merah
4 siung bwg merah
2 siung bwg putih
1 buah tomat

Cara membuat terong samapal pete :

tumis bumbu halus masukkan pete masak sampai harum, kemudian beri garam gula dan penyedap rasa lalu beri kecap masukkan terong aduk setelah tercampur rata matikan api. terong sambal pete siap disajikan dengan nasi hangat beserta lauknya....easy cooking for everyday....

selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment