Tuesday, January 29, 2013

Klabet

Untuknya kecil dengan tekstur yang sedikit keras. Tapi jangan remehkan karena bentuknya, karena rempah ini punya segudang manfaat. Apa saja sih?
Fenugreek atau lebih di kenal dengan istilah klabet kalau di Indonesia, merupakan salah satu rempah yang cukup langka dengan rasa yang sedikit pedas. Fenugreek ini biasa digunakan jika kita ingin memasak makanan seperti kari. Di negara-negara lain juga dapat ditemukanfenugreek namun dengan istilah yang berbeda.

Eka Septia - detikFood
Seperti Mentya di Kanada, dan Vendayam orang Tamil menamainya. Bijinya yang berbentuk persegi berwarna kuning inilah yang digunakan untuk membuat acar, pasta, ataupun bumbu kari. Dan biasanya dijadikan bumbu tambahan dalam beberapa masakan India.

Tak hanya sebagai bumbu tambahan pada masakan, di India bijifenugreek juga digunakan untuk campuran membuat yoghurt dan juga digunakan untuk membuat kondisioner untuk rambut. Fenugreek juga dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit diabetes dan menjadi salah satu bahan membuat roti di Ethiopia.

Berbeda dengan di India, fenugreek yang sudah direbus dan diberi sedikit tambahan gula digunakan sebagai teh oleh masyarakat Mesir. Minuman ini sangat populer di kedai-kedai kopi saat musim dingin tiba.

Biji fenugreek kaya akan polysaccharide galactomannan. Yang biasnaya digunakan untuk membuat es krim agar tidak cepat meleleh. Di dalam pengobatan tradisional Cina, fenugreek biasa disebut dengan Hu Lu Badigunakan untuk mengobati penyakit ginjal dan juga hernia dingin.

No comments:

Post a Comment